oleh

“Pertama di Baubau Kapolres Disuntik Vaksin Covid 19”

Kapolres Baubau AKBP Zainal Rio Candra Tangkari menjalani simulasi suntik vaksin covid 19

Kasamea.com

Baubau – Kapolres Baubau AKBP Zainal Rio Candra Tangkari menjadi yang pertama disuntik vaksin covid 19 di Kota Baubau. Tetapi ini bukan disuntik vaksin yang sesungguhnya, melainkan hanya simulasi yang dilakukan di rumah sakit umum daerah (RSUD) Baubau.

RSUD Baubau menggelar Simulasi Vaksinasi Covid 19, Selasa 12 Januari 2021, diikuti oleh Kapolres Baubau yang didampingi langsung Direktur RSUD Baubau dr Lukman SpPD.

Turut hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau La Ode Muslimin Hibali selaku Wakil Sekretaris Satgas Covid 19 Baubau, serta unsur Dinas Kesehatan Kota Baubau, Sat Pol PP, Pemerintah Kelurahan Lipu, jajaran RSUD Baubau.

Kapolres Baubau selaku Wakil Ketua II Satgas Covid 19 Baubau menjadi peserta pertama dalam simulasi, yang mengikuti keseluruhan tahapan vaksinasi. Mulai dari meja 1 sampai meja 4 sesuai standar operasional prosedur.

Rencana vaksinasi di Baubau dilaksanakan pada Februari 2021. Yang akan diawali dengan suntik vaksin sekitar 1.500 orang Tenaga Kesehatan (Nakes). Vaksinasi akan dilaksanakan di 20 titik, yakni di rumah sakit dan Puskesmas.

Usai mengikuti seluruh tahapan vaksinasi dalam simulasi tersebut, Kapolres mengatakan, RSUD sudah mempersiapkan dengan baik guna menyukseskan vaksinasi, yang merupakan program Nasional penanganan covid 19.

“Saya meyakini bahwa pelaksaaan vaksin ini akan berjalan dengan baik, aman bagi masyarakat, karena setiap potensi kerawanannya sudah diantisipasi oleh tenaga medis,” kata Kapolres.

Pihaknya, lanjut Kapolres, mendukung sepenuhnya vaksinasi, mulai dari proses mendatangkan vaksin, penyimpanan, pendistribusian sampai hari pelaksanaan. Memastikan, agar semua berjalan dengan tepat waktu, sasaran, dan tepat manfaat.
Kapolres mengimbau seluruh masyarakat untuk bahu membahu, bergotong royong dalam memberikan dukungan terhadap program Pemerintah dalam upaya pengendalian covid 19 pandemi ini.

Kapolres menekankan, agar masyarakat bijak dalam bermedia sosial, menyaring informasi yang beredar.

“Saring dulu sebelum sharing, jangan kita terlibat dalam menyebarluaskan konten-konten, berita yang tidak bisa kita pertanggung jawabkan, yang justru akan menurunkan tingkat kepercayaan masyarakat,” tegasnya.

Dokter Lukman mengatakan, jika dalam pelaksanaan simulasi vaksin covid 19, pihaknya menerapkan pola empat meja.

Meja 1 untuk pendaftaran.

Meja 2 untuk pemeriksaan kesehatan.

Meja 3 untuk vaksinasi.

Meja 4 untuk pencatatan dan edukasi.

Juru bicara Satgas Covid 19 Baubau ini menjelaskan, tahap awal vaksinasi diprioritaskan untuk Nakes.
Dibagi dalam tiga sesi, yang setiap sesinya sebanyak 20 orang. Di RSUD Baubau sendiri, pelayanan vaksinasi disesuaikan dengan jam pelayanan, jam kerja.

[RED]

Komentar

News Feed