oleh

51 Orang Hadiri Rapid Tes Massal SEMESTA di Sekretariat Gugas Covid19 Baubau, Begini Hasilnya

kasamea.com BAU-BAU

Sebanyak 51 orang menghadiri rapid tes massal SEMESTA yang digelar di halaman kantor Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Gugas Covid-19) Kota Baubau. Rapid tes massal digelar secara gratis, dan akan berlangsung sampai tanggal 7 Juni 2020.

Juru Bicara Gugas Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman SpPD mengatakan, memasuki hari kedua, diantara 51 orang yang menghadiri rapid tes, 40 orang diantaranya dilayani, dan 11 orang lainnya dianjurkan untuk menjalani rapid tes mandiri di rumah sakit Siloam, atau di Maxima.

Dokter spesialis penyakit dalam ini menjelaskan, giat rapid tes gratis bertujuan untuk mengantisipasi dan melayani warga Baubau yang akan bepergian keluar daerah, khususnya para pelajar yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Kata dr Lukman, rapit tes menyasar orang-orang yang akan melakukan perjalanan sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Pusat nomor 5 tahun 2020. Lebih lanjut dr Lukman menuturkan, sehubungan dengan adanya Surat Edaran tersebut, pada hari kedua rapid tes SEMESTA kali ini, yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan pelayanan secara gratis hanya 40 orang.

“Sesuai surat edaran, yang dapat kami layani hanya TNI/Polri dan ASN yang akan bepergian karena tugas dinas, dan masyarakat yang akan melanjutkan perkuliahan. Diluar itu kita arahkan untuk memeriksakan diri ke Maxima atau RS Siloam,” katanya.

Bagi warga yang menjalani rapid tes secara mandiri, hasil rapid tes yang dijalaninya, tetap harus diserahkan / disetorkan, diperlihatkan kepada tim Gugas Covid-19 Kota Baubau (di Sekretariat), agar bisa memperoleh Surat Pengantar atau Surat Keterangan sesuai hasil rapid tes di RS Siloam atau di Maxima tersebut.

Dokter Lukman menambahkan, bila hasil rapid tes reaktif, maka sesuai protokol kesehatan, akan langsung ditempatkan pada tenda yang sudah disediakan, dipisahkan dari kelompok utama yang sedang melakukan pemeriksaan rapid tes. Lebih lanjut, diambil datanya, dan langsung dikirim kepada surveilens Dinas Kesehatan. Lalu diteruskan ke Puskesmas wilayah domisili, untuk melengkapi data dan informasi.

Sampai sejauh ini, dari ratusan orang yang mengikuti rapid tes massal SEMESTA hasilnya non reaktif. Gugas Covid-19 Kota Baubau menyiapkan 300 – 500 alat rapid tes untuk program rapid tes massal SEMESTA ini.

[RED]

Komentar

News Feed