oleh

Aktivis HMI Baubau Berharap Dana Hibah Ormas Terealisasi 2021

Kasamea.com BAUBAU

Salah seorang Aktivis Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Baubau ikut mendukung Pemerintah Kota Baubau menganggarkan dana hibah Organisasi Masyarakat (Ormas). Iapun berharap program tersebut dapat segera terealisasi melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021.

Adalah Ketua Bidang PA HMI Cabang Baubau, Sudarwin, yang mendukung penuh Pemerintah Kota Baubau mengalokasikan anggaran hibah Ormas. Dengan memperhatikan beberapa aturan yang ada.

Berita terkait ⬆

Sehingga, dalam pengelolaan keuangannya tidak menimbulkan masalah. Karena yang akan dikelola Ormas nantinya adalah uang Negara, yang tentu harus dilengkapi dengan laporan pertanggungjawaban.

Berita terkait⬆

“Harapan saya ditahun 2021 ini sudah bisa terealisasi (program bantuan hibah Ormas, red). Dan yang menjadi langkah awal adalah dilakukan pelatihan atau Bintek terkait syarat dan cara pengelolaan dana tersebut, yang diikuti setiap calon organisasi yang akan mendapatkan dana hibah tersebut,” jelas Sudarwin.

Berita terkait⬆

Sudarwin mengatakan, Ormas merupakan salah satu pendorong dinamika sosial dan politik masyarakat. Dalam situasi politik Indonesia, Ormas boleh jadi tidak perlu lagi menjadi kekuatan penentang Pemerintah, melainkan sesuai dengan namanya, sebagai penganjur keswadayaan, berperan sebagai pelopor masyarakat sipil yang masih perlu penguatan.

Baca juga⬆

Untuk itulah dalam menyelaraskan fenomena Ormas, harus disikapi dengan suatu Peraturan Perundang-undangan yang akomodatif terhadap keberadaan dan optimalisasi peran, fungsi, serta pengawasan yang profesional dan proporsional terhadap Ormas, dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berita terkait⬆

Sudarwin lantas menyinggung, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Baubau, yang telah memfasilitasi Rapat Koordinasi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial (Jum’at 23 Oktober 2020). Rapat dihadiri, Kapolres Baubau, Plh. Sekda Kota Baubau, Plt. Kepala Bakesbangpol, Kadis Pemuda dan Olah Raga, Kepala Kejaksaan Negeri Baubau diwakili Kasi Datun dan Kasat Intel, Kapolsek Wolio, Kasat Intelkam Polres Baubau, Anggota Intelkam Polres Baubau, dan Aktivis Mahasiswa, Tokoh Pemuda, serta Staf Bakesbangpol Kota Baubau.

Menurut Sudarwin, Rapat tersebut melahirkan beberapa keputusan, dan salah satunya tentang pengalokasian dana hibah untuk Ormas yang bersumber dari APBD, yang mengacu pada Permendagri Nomor 13 Tahun 2018.

Sudarwin menilai, usulan dana hibah Ormas sangat tepat, diperuntukan bagi Ormas aktif yang ada di kota Baubau, termasuk, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemahasiswaan, sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan.

Dengan adanya dana hibah, Ormas yang memenuhi persyaratan penerima dana hibah, dapat mengimplementasikan program-program Keorganisasian.

Tentunya, lanjut Sudarwin, ini juga dapat menjadi instrumen kerjasama antara Pemerintah dan Ormas, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemahasiswaan, dalam akselerasi pembangunan Kota Baubau. Baik pembangunan dalam bentuk fisik, ataupun pembangunan sumber daya manusia.

“Karena saya pikir organisasi adalah instrumen yang tepat, yang dapat membantu pemerintah dalam menangani setiap persoalan-persoalan yang ada di Kota Baubau,” pungkasnya.

[RED]

Komentar

News Feed