Baubau Siapkan 25 Venue dan Health Tourism PORProv Sultra XIV

Baubau

Pemerintah Kota Baubau akan menyiapkan 25 venue guna menyukseskan penyelenggaraan Pekan Olahrara Provinsi Sulawesi Tenggara (PORProv Sultra) XIV, yang dijadwalkan November 2022 mendatang. 25 venue ini dianggap potensial oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora Baubau).

Sejak ditetapkannya Baubau dan Buton sebagai tuan rumah penyelenggara PORProv, Dispora Baubau langsung merespon. Melakukan pembahasan dengan Bappeda Baubau dan melakukan penginputan penganggaran melalui SIPD.

Hal ini diungkapkan Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Baubau, Maaruji, saat dikonfirmasi di kantornya.

“Kita bekerja sama dengan KONI untuk merancang anggaran itu. Makanya muncullah anggaran Rp31 miliar yang harus disiapkan Kota Baubau untuk persiapan PORProv,” katanya.

Maaruji mengatakan, persiapan saat ini, telah dikerjakan sarana olahraga bagian dari 25 venue yang diajukan ke Pemprov. Diantaranya lapangan sepak bola Stadion Betombari, dan lapangan basket Lembah Hijau, sesuai standar.

Menyusul sarana cabang olahraga panjat tebing, kata dia, rencananya Maret ini sudah diakukan lelang pengadaan barang/jasa. Selanjutnya lapangan Lembah Hijau dan lapangan Ngkari-ngkari masih dalam tahap usulan.

“Pemprov membangun venue lainnya, yakni sarana kolam renang dan gedung olahraga (GOR) di Kecamatan Lealea. Serta sarana Cabor dayung di Kelurahan Lakologou, dan Kecamatan Kokalukuna,” jelasnya.

Menurut Maaruji, sesuai arahan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse, pelibatan semua organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemkot Baubau sangat penting. Peran semua pihak dalam menyukseskan iven tersebut sangat diharapkan.

Hasil rapat dengan KONI Baubau, lanjut Maaruji, 17 Februari agenda rapat bersama OPD. Dengan harapan masing-masing OPD bisa bertanggungjawab untuk satu Cabor.

“Kira-kira Cabor apa yang bisa mereka tangani. 17 Februari ini kami sudah siapkan segala data-data persiapan PORProv, yang tentu disitu nanti kita sampaikan kepada OPD,” ucapnya.

Mengapresiasi dan mengganggap luar biasa, Maaruji sangat mendukung Direktur BLUD RSUD Baubau dr Lukman SpPD yang menawarkan konsep Health Tourism. Sebagai upaya pelayanan kesehatan bagi para atlet, official maupun tamu yang bertandang ke Baubau. Termasuk kuliner sehat, yang akan menambah rasa nyaman dan kesan baik selama pelaksanaan PORProv. [Red]

Komentar