oleh

Diklat Nasional Usai, 9 Paralegal Posbakumadin Baubau Segera Kantongi Sertifikat dan Dilantik

Ketum Peradin, Ketua Dewan Pembina Posbakumadin Advokat Ropaut Rambe

Kasamea.com

Baubau – Perkumpulan Advokat Indonesia (Peradin) bekerjasama dengan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sukses menyelenggarakan
Pendidikan dan Latihan Paralegal (Diklat) Nasional selama tiga hari (6 – 8 Januari 2020). Diklat diikuti 5.670 Paralegal anggota Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) se Indonesia, secara virtual.

Paralegal Posbakumadin peserta Diklat ini segera mendapatkan Sertifikat Kompetensi, dilantik dan diambil sumpahnya sebagai Paralegal Posbakumadin.

Ketua Umum Perkumpulan Advokat Indonesia (Peradin) selaku Ketua Dewan Pembina Posbakumadin Pusat, Advokat Ropaut Rambe mengungkapkan, masing-masing Pengurus Cabang Posbakumadin segera mengirimkan absensi peserta Diklat ke Posbakumadin Pusat. Selanjutnya, pihaknya menindaklanjuti berkoordinasi dengan Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) untuk penerbitan Sertifikat Kompetensi Paralegal.

Kata Ropaut Rambe, proses penerbitan Sertifikat Kompetensi dituntaskan dalam waktu 14 hari. Dan masing-masing pengurus Cabang Posbakumadin akan melakukan pelantikan, pengambilan sumpah.

Berita terkait ⬆

Ropaut Rambe berharap, setelah mendapatkan Sertifikat, dilantik dan diambil sumpah sebagai Paralegal, seluruh Paralegal Posbakumadin dapat menjalankan peran ditengah masyarakat, khususnya dalam mendampingi Advokat, memberikan bantuan hukum kepada masyarakat miskin.

Ia juga mengingatkan agar seluruh anggota Posbakumadin, baik Advokat maupun Paralegal, dalam menjalankan tugas konsisten memegang teguh komitmen dan etika.

Ropaut Rambe memberikan spirit, dengan kerjasama yang baik Advokat dan Paralegal dalam tugas-tugas bantuan hukum (penyuluhan hukum, pendampingan hukum), dapat berdampak pada peningkatan kesadaran hukum ditengah masyarakat. Mampu menekan, meminimalisir angka kriminalitas, kejahatan, pelanggaran hukum yabg terjadi. Serta mampu melakukan proses mediasi berbagai persoalan hukum, agar tidak harus berujung pada proses peradilan (Sidang Pengadilan).

“Saya optimis teman-teman Advokat dan Paralegal ini mampu bekerjasama, memberikan pelayanan bantuan hukum terbaik bagi masyarakat di seluruh Indonesia,” spiritnya.

Pihaknya menargetkan, dalam waktu beberapa bulan kedepan, Peradin melalui Organisasi Bantuan Hukum (OBH) Posbakumadin bisa mencetak seratus ribu Paralegal di seluruh wilayah kerja Posbakumadin di seluruh Indonesia.

Absensi sembilan Paralegal Posbakumadin Baubau

Ketua Posakumadin Baubau, Advokat Adnan SH memastikan, Posakumadin Baubau tetap pada komitmen pemberian bantuan hukum gratis kepada masyarakat miskin. Saat ini pihaknya tengah mempersiapkan pelantikan Paralegal Posbakumadin Baubau, pasca Diklat yang diikuti sembilan Paralegal Posakumadin Baubau.

Sembilan Paralegal Posbakumadin Baubau, lanjut Adnan, berasal dari unsur Sarjana Hukum dan Mahasiswa Fakultas Hukum. Yang mengikuti secara seksama setiap materi yang disampaikan oleh pemateri dari BPHN, juga Ketua Umum Peradin, dan Wakil Ketua Umum Peradin.

“Saat ini kita sementara koordinasikan pelatikan teman-teman Paralegal, dan membangun koordinasi yang baik secara internal, juga eksternal. Khususnya kerjasama dengan institusi hukum, Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, juga Pemerintah Daerah. Agar kerja-kerja pemberian bantuan hukum bisa berjalan maksimal,” ucapnya, usai Diklat di kantor Posbakumadin Baubau, Jalan Pahlawan (KM 3) Kelurahan Bukit Wolio Indah Kecamatan Wolio Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara.

[RED]

Komentar

News Feed