oleh

Dr Wahyu: Pasien Positif Covid-19 Sekali Swab Negatif Dinyatakan Sembuh

kasamea.com BAU-BAU

Pandemi ini belum berakhir, selama beberapa bulan covid-19 dinyatakan sebagai bencana nasional, pasien positif masih terus bertambah dihampir seluruh penjuru negeri khatulistiwa. Di Provinsi Sulawesi Tenggara, khususnya di Kota Baubau sendiri, hampir setiap hari tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (GTC-19) mengumumkan bertambahnya jumlah pasien positif, pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), orang tanpa gejala (OTG), termasuk pasien positif yang telah dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Baubau, Dr Wahyu mengatakan, saat ini terjadi beberapa perubahan dalam nomenklatur protokol penanganan covid-19. Diantaranya, terkait status pasien, dan juga protokol penanganan pasien.

Saat ini kata Wahyu, pasien yang sudah menjalani karantina sekian hari, dapat dipulangkan, karena analisis para ahli, pasien tersebut tidak menularkan. Akan tetapi, lanjut Wahyu, pasien akan terus dipantau oleh dokter, kondisinya ada gejala atau tidak.

“Ada ketentuan baru, selain perubahan nomenklatur status pasien, ada perubahan proses perawatan. Bahkan satu kali negatif PCR, pasien sudah dinyatakan sembuh dan tidak menularkan lagi. Walaupun demikian, tetap dilanjutkan isolasi mandiri di rumah, dalam pantauan oleh dokter gugus,” ucap mantan Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Baubau ini, ditemuî di kantor sekretariat bersama GTC 19 Kota Baubau, Selasa (21/7/20).

[RED]

Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed