oleh

Dukung Keterbukaan Informasi Publik, Pemkot Bau-Bau Gelar Pelatihan

BAU-BAU

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, Rabu (28/8) menggelar Pelatihan Fotografer dan Jurnalistik yang diikuti 100 peserta dari kalangan Insan, Staf Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Bau-Bau, juga Mahasiswa, dan siswa SMA/SMK. Pelatihan sehari ini dibuka oleh Asisten III Sekretariat Daerah Kota Bau-Bau Drs La Ode Sarafa DS MSi, mewakili Wali Kota Bau-Bau Dr AS Tamrin MH.

Dalam kata sambutannya La Ode Sarafa menyebutkan, selain sebagai wujud dukungan terhadap Keterbukaan Informasi Publik, melalui Pelatihan ini, Pemerintah Kota Bau-Bau turut berpartisipasi dalam peningkatan Profesionalitask, serta sinergi dalam kerja-kerja Jurnalistik. Termasuk pula kata Sarafa, mendorong peran penting media konvensional, juga Fotografer sebagai penyeimbang informasi, juga penangkal informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, yang demikian cepatnya meluas melalui media sosial, dan menjadi pemicu polemik ditengah masyarakat.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bau-Bau Drs Sadarman MSi menambahkan, tiga hal yang mendasari Pelatihan ini: pertama, jujur atau tidak menyembunyikan suatu hal, jujur dalam hal apapun, kedua, transparan agar semua masyarakat tahu, dan ketiga berimbang.

“Jurnalisme merupakan sarana hak tahu bagi masyarakat, dan Pers merupakan sarana pencegahan korupsi, kolusi dan nepotisme. Kemudian juga berita harus balance atau seimbang, agar tidak memicu kegaduhan di masyarakat,” terangnya.

Ia berharap, dapat terjalin sinergitas yang lebih baik lagi antara Pemkot Bau-Bau dengan Insan Pers, dalam hal Keterbukaan Informasi Publik.

Pelatihan menghadirkan Pemateri Direktur Buton Pos Ramli Akhmad, yang mengurai penjelasan tentang Jurnalistik, dan Yali Purnomo Sidi menjelaskan seputar Fotografer.

Tak ketinggalan, dua Wartawan Kasamea.com turut serta mengikuti Pelatihan tersebut.

[RIDWAN – editor LAMIM]

Komentar

News Feed