oleh

Garda Terdepan Polisi di Pelosok Talaga Melawan Covid 19

Kasamea.com

Buton Tengah – Indonesia adalah negara pertama di Asia Tenggara yang angka positif covid-19 menembus 1 juta pasien positif. Pemerintah telah melakukan berbagai cara untuk menekan penyebaran penularan corona virus disease 2019 (covid-19), dengan pemberlakuan PSBB yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan covid-19.

Segala bentuk kegiatan yang menimbulkan kerumunan dibatasi, mulai dari kegiatan perkantoran hingga sekolah, semua dilakukan dari rumah atau yang kita kenal dengan daring (dalam jaringan).
Perekonomian pun seolah dibuat tak berdaya oleh virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

Sulawesi Tenggara (Sultra) juga tak luput dari serangan virus mematikan ini. Penyebaran yang sangat masif, kurangnya kesadaran masyarakat, menyebabkan virus
yang sebagian besar menimbulkan gejala umum seperti demam, batuk kering dan kelelahan ini, demikian cepatnya menyebar.

Untuk menekan angka covid-19, Gubernur menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Sultra Nomor 29 Tahun 2020 tentang Pedoman Penerapan Displin dan Penegakkan Hukum Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid 19. Angka positif di Sultra per tanggal 5 Januari 2021 mencapai 7.135 orang.

Demi menekan angka covid-19 perlu adanya dukungan dari berbagai pihak dan juga kesadaran dari masyarakat dalam disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Untuk memastikan itu berjalan lancar, peran Polri sangat krusial. Disamping melaksanakan tugas rutin untuk penegakkan hukum dan menjaga ketertiban umum, Polri dituntut untuk bisa memastikan penerapan protokol kesehatan di masyarakat berjalan sesuai dengan harapan.

Mendukung dan menyukseskan program Pemerintah menekan angka covid-19, Bripka Tasmin selaku Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Kelurahan Talaga I dan Desa Talaga II Polsek Talaga Raya Polres Baubau, tak henti-hentinya turun langsung menghimbau dan mengajak masyarakat, akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Tasmin bersama dengan Pemerintah Kelurahan dan Pemerintah Desa, serta pihak Puskesmas melakukan edukasi, dan razia penerapan prokes.

“Alhamdulillah kita bersyukur khusus di desa kita tidak ada yang terinfeksi virus corona sampai saat ini” ucap Tasmin, Sabtu (30/1/21).

Tasmin mengatakan, meskipun di wilayahnya zero covid-19, selaku Bhabinkamtibmas, Ia tetap mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan prokes, Memakai masker, Mencuci Tangan menggunakan sabun pada air yang mengalir, dan Menjaga Jarak serta menghindari kerumunan.

“Kita berdoa semoga kita dan keluarga terhindar dari virus ini Semoga virus corona ini cepat berlalu, dan kita bisa hidup normal kembali tanpa ada bayang-bayang virus corona, amiin,” doanya.

[RED]

Komentar

News Feed