oleh

HARI IBU, PKK Baubau Gelar Rapid Tes Gratis

Kasamea.com BAUBAU

Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember 2020, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Baubau melaksanakan kegiaran rapid tes gratis. Menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes), rapid tes tanpa pungut biaya ini dikhususkan untuk Perempuan.

Wakil Ketua TP PKK Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse SPd mengungkapkan, kegiatan rapid test gratis untuk Perempuan dilaksanakan berdasarkan Instruksi TP PKK Pusat. Serentak di seluruh Tanah Air, 14 – 21 Desember 2020, dalam rangka memperingati Hari Ibu ke- 92, Tahun 2020.

TP PKK Pusat menginstruksikan kepada TP-PKK Provinsi, TP-PKK Kota/Kabupaten, bahkan sampai ke tingkat desa/kelurahan, untuk melakukan rapid test gratis untuk Perempuan, yang terdiri dari usia remaja, produktif, dan lansia.

“Dalam rapid test gratis ini, jumlah partisipan dibatasi minimal 100 orang, dan maksimal 200 orang”, jelas Wa Ode Nursanti.

Wa Ode Nursanti juga menjelaskan, sebagai organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan kaum wanita, TP PKK turut berpartisipasi dalam pembangunan. Untuk itu, sebagai wujud partisipasi tersebut, Pengurus TP PKK Kota Baubau melakukan kegiatan rapid test gratis untuk Perempuan.

Sebagaimana merujuk Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Displin dan Penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid 19, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Covid-19.

Kata Wa Ode Nursanti, hasil rapid test dalam kegiatan ini, selanjutnya akan dilaporkan kepada Sauan Gugus Tugas PenanganSatgad Covid 19 Kota Baubau, untuk ditindaklanjuti, bila ada hal-hal yang akan ditangani, baik secara medis maupun hal-hal lain yang dianggap perlu dilakukan tindakan secara khusus, dalam rangka mengatasi pandemi Covid 19.

“Kepada seluruh Pengurus dan Masyarakat Kota Baubau, semoga dapat menyambut dengan hangat dan tangan terbuka semangat kami ini. Bersama TP PKK, mari kita bangun Kota Baubau dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan,” semangatnya.

Istri Wakil Wali Kota Baubau ini berharap, peran TP PKK dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kota Baubau, terutama dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Selain itu, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, pemahaman negatif masyarakat tentang rapid test dapat dihilangkan.

“Kita berharap melalui rapid test gratis ini, pemahaman negatif masyarakat tentang rapid test ini dapat dihilangkan. Karena kita juga memberikan edukasi pada semua peserta rapid test, baik tentang manfaat rapid test juga tentang pentingnya hidup sehat untuk melawan Covid-19 ini,” tuturnya.

Wa Ode Nursanti Monianse menambahkan, TP PKK sebagai mitra pemerintah telah melakukan upaya-upaya dalam memutus rantai penyebaran Covid 19 beserta dampaknya. Upaya tersebut sudah dilakukan sejak Agustus lalu, melalui kegiatan Gebrak Masker bagi masyarakat, utamanya dipusat keramaian. Selain pembagian masker, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak.

Sebelumnya, pada bulan Mei TP PKK Kota Baubau juga telah melakukan kegiatan pembagian sembako untuk masyarakat terdampak Covid 19.

[RED]

Komentar

News Feed