oleh

HBA ke- 60 Kejari Baubau Terus Bergerak Terus Berkarya

kasamea.com BAU-BAU

Puncak peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke- 60 dan Hari Ulang Tahun (HUT) XX Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD), Kejaksaan Negeri (Kejari) Baubau mengikuti upacara yang digelar serentak seluruh Kejaksaan disemua tingkatan (Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, Kejaksaan Negeri). Upacara yang digelar secara virtual, Rabu 22 Juli 2020 ini berlangsung hikmad, dipimpin Jaksa Agung, Dr ST Burhanuddin SH MH, selaku inspektur Upacara.

Dalam rangka peringatan HBA dan HUT IAD ini juga, Kejari Baubau telah menggelar berbagai kegiatan, mulai dari Bhakti Sosial, membagikan paket bantuan kebutuhan pokok kepada pensiunan aparat Kejaksaan, staf / karyawan honorer, juga warga sekitar kantor Kejari Baubau yang terdampak secara perekonomian akibat pandemi covid-19. Penyerahan paket bantuan dalam Anjangsana di Panti Asuhan Muslimin, mengheningkan cipta dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Oputa Yi Koo, serta Olahraga bersama.

Upacara Peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 digelar secara virtual

Melalui momentum nan suci ini juga, Kejari Baubau dibawah arahan langsung Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari), Jaya Putra SH, telah melakukan berbagai pembenahan internal, yang alhasil mampu mengubah wajah kantor secara fisik, dengan adanya ruang khusus layanan pembayaran denda tilang kendaraan, juga aspek kinerja / fungsi pelayanan, melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), pemisahan ruang publik dan area kerja. Dalam kondisi ini Kejari Baubau tampak terus menunjukkan eksistensi sesuai tugas pokok dan fungsinya, lebih baik, terus berinovasi, sesuai dengan Tagline peringatan HBA dan HUT IAD tahun ini “Terus Bergerak Terus Berkarya”.

Usai mengikuti upacara secara virtual, Kajari Jaya Putra menggelar konferensi pers didampingi para Kepala Seksi: Intelijen, Perdata dan Tata Usaha Negara, Pidana Khusus, Pidana Umum, Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan.

Jaya Putra menguraikan berbagai pencapaian kinerja, realisasi program kerja, penuntasan perkara, termasuk perkara yang saat ini tengah ditangani anggotanya.

Kata dia, pihaknya melalui Seksi Intelijen dalam fungsi koordinasi, pengawasan, pengamatan, serta antisipasi, telah melaksanakan program Jaksa Menyapa melalui stasiun Radio Republik Indonesia (RRI), Jaksa Masuk Sekolah, salahsatunya di SMP Negeri 1 Baubau, PAM Penanganan Covid-19, Pengawasan Orang Asing, Agama dan Aliran Kepercayaan. Kejari Baubau juga menggelar kegiatan Bhakti Sosial.

Jaya Putra mengungkapkan, per Januari – Juni 2020, pihaknya 79 perkara, yang sebagian diantaranya telah berkekuatan hukum tetap.

Perkara serta program kerja lainnya yang telah ditangani, diantaranya:

Perkara Pidana Khusus, 1 perkara pidana korupsi penyidikan Kejari Baubau yang masih tahap pra tuntutan, dan 1 perkara penyidikan Kepolisian yang masih tahap P19.

Pidana Umum, 44 perkara pidana orang dan harta benda, 11 perkara pidana keamanan dan ketertiban umum. 24 perkara pidana umum lainnya diluar KUHP.

Perkara Perdata dan Tata Usaha Negara, Teken Nota Kesepahaman dengan kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Baubau, bantuan hukum litigasi dan pendampingan penanganan covid-19, bantuan hukum tentang pengajuan peninjauan kembali (PK) perkara perdata.

Saat ini, Kejari Baubau harus menjalani persidangan secara daring (sidang online) dalam protokol kesehatan, pencegahan sebaran covid-19.

“Bila ada laporan pengaduan, kita terima dan dilakukan ekspos, agar lebih jelas masalahnya. Kalau terkait Pemda kita koordinasi dengan Inspektorat, dengan waktu 20 hari sampai 2 bulan, kalau ada indikasi, kita lanjutkan,” tegas Jaya Putra.

[RED]

Comments

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed