oleh

Jamaah Masjid Alkautsar Gelar Buka Puasa Bersama Senin-Kamis

BAUBAU

Ada yang berbeda di Masjid Alkautsar Kelurahan Katobengke Kecamatan Betoambari Kota Baubau, disetiap petang Senin dan Kamis Jamaahnya berbuka puasa bersama. Ini dilakukan guna meningkatkan kwalitas Iman dan Taqwa, usai Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H/2019 M.

Ketua BKM Masjid Alkautsar Jumadi MSi menjelaskan, berbuka puasa bersama pada Senin-Kamis ini terinisiasi dari diskusi bersama para Jamaah Masjid Alkautsar. Bermaksud menunaikan amalan amalan Sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW.

“Oleh karena itu kami mengajak kepada Jamaah Masjid dan warga Alkautsar agar dapat berbuka puasa bersama di Masjid, bagi yang melaksanakan puasa setiap Senin-Kamis,” ucapnya.

Berbuka puasa bersama dilaksanakan sejak Senin 10 Juni 2019, dijadwalkan rutin setiap Senin-Kamis.

Kata Jumadi, berbuka puasa bersama Senin-Kamis diharapkan dapat mendorong dan menumbuhkan kesadaran bersama, khususnya bagi Jamaah dan warga Alkautsar, dalam menambah amalan amalan Sunnah, yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Menjelang waktu berbuka puasa diisi dengan pengajian, juga kultum
Ustadz Muhammad Fattahuddin, yang menyampaikan dalil tentang amalan puasa sunnah Senin-Kamis.

Abu Hurairah RA meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda: pintu pintu Syurga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan, lalu dikatakan tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai. (HR. Muslim)

Dalam hadist lain
Rasulullah SAW bersabda: amalan amalan manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa. (HR. At Tirmidzi)

Dari hadist Abu Qatadah RA, Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa hari Senin, Rasulullah SAW menjawab: hari tersebut adalah hari aku dilahirkan dan di turunkannya Wahyu kepadaku. (HR. Muslim)

Beberapa manfaat puasa Senin-Kamis,
dapat terhindar dari godaan syaitan.
Dengan berpuasa, maka jalan syaitan untuk mempengaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat, sehingga dapat mencegah manusia dalam berbuat kemaksiatan atau hal-hal lain yang dilarang Allah SWT.

Berpengaruh besar pada kesehatan tubuh.
Para ahli kesehatan banyak menyatakan, bahwa puasa dapat membersihkan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit, karena sistim pencernaan kita dapat beristrahat, sehingga sistim tubuh yang lainnya dapat bekerja lebih baik.

Ketenangan jiwa. Baik puasa wajib maupun puasa sunnah Senin-Kamis, dapat membantu melatih kesabaran, melatih menguasai diri, meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kwalitas Ketaqwaan kepada Allah SWT. Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat lainnya.

[VONIZZ red]

Komentar

News Feed