oleh

Lebih 30Milyar Untuk RSUD Wakatobi, Menuju Standar Pelayanan Nasional

WAKATOBI

Pemerintah Kabupaten Wakatobi terus menggenjot pembangunan, meningkatkan mutu pelayanan diberbagai bidang. Terkini, daerah pemilik “syurga bawah laut” ini mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat sebesar Rp30.280.400.000 untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wakatobi.

Direktur RSUD Wakatobi Dokter Munardin Malibu mengatakan, dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tersebut dikucurkan untuk penambahan gedung baru RSUD Wakatobi, yang akan dibangun 3 lantai, dengan standar pelayanan Nasional.

Gedung I, lantai 1 difungsikan untuk IGD, Rekam Medik, dan Apotik. Lantai 2 ada ruangan ICU, dan lantai 3 ada Kamar Operasi. Gedung II dibangun 2 lantai. Lantai 1 kata Munardin, difungsikan untuk Poliklinik. Lantai 2 Kantor Manajemen, lengkap dengan Ruang Rapat, dan Aula.

“Nah, dengan ini kita berharap jarak dan waktu dapat diminimalisir, karena beberapa unit akan berada dalam satu bangunan. Dalam hal transport juga, pasien dari bangunan pelayanan satu ke bangunan pelayanan yang lain cepat dijangkau,” semangatnya.

Menurut Munardin, pembangunan gedung baru RSUD Wakatobi adalah bukti, bahwa Pemerintah Kabupaten Wakatobi serius memenuhi, sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat. Utamanya, dalam hal pelayanan kesehatan.

“Sekaligus menjawab rekomendasi dari Tim Visitasi Kementerian Kesehatan tentang tata letak bangunan pelayanan yang ada di RSUD Kabupaten Wakatobi ini,” tambahnya.

Ia berharap, hal ini juga semakin meningkatkan peran RSUD. Meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Wakatobi yang lebih baik lagi.

“Pemerintah daerah telah melakukan langkah-langkah untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Pemkab juga telah memutakhirkan data masyarakat, serta telah membagikan Kartu Kesehatan Bersinar secara gratis. Dan tugas kami selanjutnya adalah menyiapkan sarana dan prasarana pendukung pelayanan kesehatan yang telah terstandar Nasional,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dua gedung RSUD Wakatobi ini mulai dibangun tahun ini.

“Alhamdulillah hari Kamis 15 Agustus 2019 kemarin, Bapak Bupati H Arhawi SE MM sudah meletakkan batu pertama pembangunan gedung IGD, ICU dan Kamar Operasi, serta pembangunan gedung Rawat Jalan/Poliklinik dan Kantor,” tutupnya.

[MG – editor LAMIM]

Komentar

News Feed