oleh

Mobile PCR Laboratorium Siap Difungsikan di Baubau, Diharapkan Mempercepat Memutus Rantai Covid 19

Kasamea.com BAUBAU

Pemerintah Kota Baubau terus melakukan upaya memutus rantai sebaran covid 19. Selasa (22/12/20) satu unit Mobile PCR Laboratorium telah siap difungsikan.

Serah terima Mobile PCR Laboratorium ini berlangsung di rumah jabatan Wali Kota Baubau, oleh Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH, kepada Direktur RSUD Kota Baubau dr Lukman SpPD.

Wali Kota menekankan, Mobile PCR Laboratorium digunakan secara tepat, sesuai fungsinya. Mempercepat deteksi paparan, diagnosa covid 19.

Fasilitas ini juga, kata AS Tamrin, diharapkan semakin meningkatkan kewaspadaan seluruh masyarakat. Dengan tetap menerapkan 3M: Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak.

Penting pula, menghindari kerumunan massa, serta menkonsumsi makanan bergizi dan sering berolahraga. Sebab kondisi saat ini, dibeberapa daerah terjadi lonjakan kasus covid 19, karena mengabaikan protokol kesehatan.

“Jadi kesadaran akan protokol kesehatan tetap berlangsung dan berantai meskipun ada mMobile PCR. Sehingga, untuk upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Baubau berhasil dengan baik,” pesannya.

AS Tamrin meminta kepada petugas Mobile PCR Laboratorium agar menjaga dengan baik fasilitas tersebut. Demikian pula peruntukkannya, sesuai dengan ketentuan dan jangan disalahgunakan.

Dokter Lukman mengakui, Mobile PCR Laboratorium sangat dibutuhkan untuk memenuhi syarat-syarat, sesuai yang tercantum dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 413. Penanganan covid 19 harus cepat, efektif dan akurat. Ini juga sebagai upaya yang harus dilakukan pemerintah dalam mempercepat pemutusan rantai penyebaran covid 19.

Dokter Lukman menjelaskan, sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 413, dan juga anjuran WHO, bahwa seluruh pasien yang terduga terinfeksi covid 19 harus diperiksa secara real time PCR. Ini juga mengarah pada definisi operasional orang-orang yang terkonfimasi covid 19, harus ditegakkan dengan pemeriksaan real time PCR.

Mobile PCR Laoratorium jawaban dari tuntutan Menteri Kesehatan serta keinginan sebagian besar masyarakat, untuk memperkuat basis data, dalam upaya menegakkan diagnosa covid 19. Selanjutnya kata dr Lukman, mempercepat penanganannya.

Mobile PCR Laboratorium bisa memeriksa 46 sample dalam waktu 1 jam. Dihari yang sama sudah bisa diketahui hasil PCR.

[RED]

Komentar

News Feed