oleh

Pemkot Baubau Sambut 2021 dengan Doa Bersama, AS Tamrin: Momentum Perenungan Diri

Kasamea.com BAUBAU

Pemerintah Kota Baubau menyambut pergantian tahun 2020 ke 2021 dengan menggelar doa bersama Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH, didampingi Sekretaris Daerah Dr Roni Muhtar MPd, Asisten, Staf Ahli, juga para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), juga para Kepala Bagian Sekretariat Daerah, di rumah jabatan Wali Kota Baubau, Kamis 31 Desember 2020 – Jumat 1 Januari 2021 dinihari.

Lantunan ayat suci Alquran surat Yasin mengawali Doa bersama dipimpin Ustad Jamhari Hamzah, yang berlangsung hikmad.

Usai Berdoa bersama, AS Tamrin mengajak agar menjadikan pergantian tahun sebagai momentum perenungan diri.

AS Tamrin mengungkapkan, segala sesuatu yang dilalui sepanjang tahun 2020, baik kesuksesan atau hambatan, semuanya sudah terencana oleh Alam. Jangan saling menyalahkan satu sama lainnya, karena saling menyalahlan adalah tindakan, pemikiran yang kurang arif.

Bagi Wali Kota yang dikenal sederhana ini, Pemkot Baubau dalam memasuki tahun 2021, melakukan kegiatan perenungan. Banyak memori yang sudah dijalani ditahun 2020, baik itu, kesuksesan, kegagalan, kegembiraan, kesusahan ataupun kesedihan.

Menurut AS Tamrin, jangan larut dalam memori yang sudah dilalui. Lebih bijak bila melakukan internalisasi diri, untuk mengenang segala sesuatu, guna perbaikan diri.

“Kita bukan apa-apa kita mau menghalami hal-hal seperti itu, apakah itu ulah kita sendiri atau cobaan dari Tuhan, semuanya kita harus dudukkan. Kita duduk bersama-sama merenung di tempat ini, bagaimana perjalanan hidup minimal setahun ini. Apa yang didapatkan, apakah kegembiraan dan kegembiraan itu apa penyebabnya. Adakah kalian menikmati kegembiraan itu, dari mana asal kegembiraan. Begitu pula dengan kekecewaan karena tidak semua kita mengalami proses itu tadi,” urai AS Tamrin, mendalam.

Orang nomor 1 Baubau yang memimpin periode kedua ini menambahkan, malam perenungan seperti malam pergantian tahun harus dilakukan internalisasi pikiran, konsentrasi, fokus merenungkan sembari menutup mata, membayangkan kebahagiaan memanggil dalam batin. Membayangkan saat bersenda gurau dalam rumah tangga, atau dengan tetangga.

Internalisasi ini dibangkitkan, dipanggil, sebab ada bermukim dalam diri. Karenanya, lanjut pencetus PO- 5 ini, hal ini tidak boleh dilupakan. Terkadang-kadang ini diabaikan. Padahal, suasana-suasana seperti inilah bila fokus dan konsentrasi, maka memori itu selalu tertanam dan tidak akan pergi. Kecuali sudah diluar, sebab diri merupakan bagian dari kehidupan yang sudah satu sistim dan tidak akan kemana-mana.

AS Tamrin mengingatkan kepada para Kepala OPD dan Kabag yang menghadiri perenungan, untuk selalu membangun kebersamaan, saling menyayangi sebagaimana semangat PO-5, yang merupakan kedamaian hati dan sejalan dengan hadist riwayat Bukhari. Dimana tiada beriman seseorang diantara kalian sampai Ia mencintai atau menyayangi sesamanya, sebagaimana ia mencintai atau menyayangi dirinya sendiri.

AS Tamrin meminta semua yang hadir dalam perenungan, menutup mata, menundukkan kepala, fokuskan pikiran, berkosentrasi. Menenangkan pikiran, layangkan pikiran ke seluruh alam raya. Bayangkan alam raya ini, bagaimana Tuhan menciptakannya.

“Memang tidak bisa dibayangkan tentunya, tapi itulah termaksud diri kita diberi mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, diberi otak untuk berpikir yang sering kali tidak dianggap, sebab seolah-olah sebuah keniscayaan. Padahal, kekuatan yang paling dahsyat adalah dalam diri kita. Dan mudah-mudahan memberikan inspirasi, menambah semangat, spirit untuk lebih menjalin persaudaraan, kekompakkan, silaturahim,” ucap AS Tamrin.

Yasinan dan Doa bersama juga bertujuan untuk mendoakan, agar covid 19 segera berakhir di Kota Baubau.

[RED]

Komentar

News Feed