oleh

Pemkot Ikuti Petunjuk Pemerintah Pusat Dalam Penanganan Covid-19

kasamea.com BAUBAU

Dengan tetap mengikuti petunjuk dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota Baubau melalui Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease (Satgas Covid-19), hingga saat ini terus berupaya memutus rantai penyebaran covid-19.

Kamis (24/9/20) malam, Satgas Covid-19 Baubau menggelar rapat, yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH. Rapat yang digelar di rumah jabatan Wali Kota Baubau ini, membahas langkah-langkah dalam upaya memutus rantai sebaran covid-19.

Rapat yang dihadiri unsur Pemkot, Muspida, juga unsur Kantor Urusan Agama (KUA) ini juga fokus menyamakan persepsi tentang petunjuk Menteri Dalam Negeri.

AS Tamrin mengatakan, ada perubahan nomenklatur petunjuk penanganan covid-19, yakni, dari Gugus Tugas menjadi Satgas, yang terstruktur mulai dari Kota, Kecamatan, Kelurahan, hingga tingkat RT/RW.

Kata AS Tamrin, pedoman-pedoman dari pusat baik Surat Edaran Menteri Agama dan Maklumat Kapolri, menjadi perhatian Satgas untuk diterapkan, sebagai upaya percepatan memutus rantai sebaran covid-19.

“Petunjuk Pemerintah Pusat selalu ada penyesuaian (perubahan, red), sehingga kita juga harus menyesuaikan. Seperti adanya imbauan Gubernur, dan akan kita tegakkan,” ucapnya.

AS Tamrin menekankan, pentingnya penerapan protokol kesehatan oleh seluruh masyarakat, dalam mengantisipasi terjangkit dari virus mematikan tersebut. Menurutnya, tak ada obat atau
metode pencegahan, selain menerapkan protokol kesehatan.

Kata dia, seluruh masyarakat harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan, secara ketat. Baik memakai masker, jaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kumpul-kumpul. Apalagi sebaran covid-19 masih terus meningkat.

Yang juga diawasi secaea ketat oleh Satgas, kerumunan dalam suatu acara atau kegiatan. Salahsatunya acara pesta pernikahan, sebagaimana imbauan Gubernur Sultra.

Melalui rapat kala itu, juga disampaikan kepada para Penghulu Nikah, agar tamu undangan tidak berkerumun dalam acara pernikahan, baik resepsi maupun perjamuan. Panitia menyiapkan makanan bungkus, dan tamu undangan menggunakan masker dan tetap menjaga jarak. Tidak berlama-lama, dan bisa langsung meninggalkan tempat acara.

“Termasuk THM juga harus dibatasi,” sambungnya.

Ditambahkan Wali Kota Baubau periode kedua ini, bahwa sejak awal Pemerintah Kota bersama Forkopimda, melalui Gugus Tugas Covid-19 tak henti-hentinya melakukan berbagai langkah. Melakukan sosialisasi, penyemprotan disinfektan, menekankan penerapan protokol kesehatan.

“Marilah kita bersama-sama bahu membahu memangkas, memutus rantai penyebaran covid-19, dengan cara patuh dan disiplin menegakan protokol kesehatan,” pesan AS Tamrin kepada seluruh masyarakat.

[RED]

Komentar

News Feed