oleh

Pencuri Spesialis Pembobol Rumah di Baubau Ditangkap Polsek Murhum

Kasamea.com BAUBAU

Dua terduga pencuri berhasil diringkus Unit Reskrim Polsek Murhum Polres Baubau. Keduanya adalah anggota komplotan spesialis pembobol rumah.

Sebelum diringkus, aksi komplotan ini sempat terekam cctv, saat beraksi disalah satu rumah di Kelurahan Sulaa Kecamatan Betoambari Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kapolres Baubau AKBP Rio Tangkari menguraikan, dalam rekaman cctv terlihat lima orang pelaku. Dari lima pelaku, dua orang pelaku inisial LP (21) dan BA (23) yang berhasil diringkus.

Dari keterangan LP dan BA, terungkap tiga rekan mereka, inisial LA, LO dan LD.

Cctv juga merekam, LP membawa senjata tajam untuk berjaga-jaga, sementara BA masuk ke dalam rumah lewat jendela, mengambil laptop, telepon genggam dan dompet milik korban. Peran LA, LO dan LD, menjaga situasi disekeliling rumah korban.

Selain hasil pengakuan LP dan BA, identitas ketiga pelaku lainnya berhasil terungkap, saat ini, Unit Reskrim Polsek Murhum terus mendalami kasus, serta memburu para pelaku.

“Tidak hanya pelaku, identitas terduga penada barang hasil kejahatan para pelaku, juga telah dikantongi identitasnya, untuk secepatnya diamankan,” urai Kapolres dalam siaran pers, Selasa, 15 Desember 2020.

Pengakuan kedua pelaku kepada Polisi, sudah beraksi lebih dari satu kali secara bersama-sama. Sedikitnya, ada tiga lokasi aksi dari para pelaku.

Seluruh hasil curian langsung dijual kepada yang dicurigai sebagai penadah, dan hasilnya dibagi untuk membeli kebutuhan masing-masing.

Lebih lanjut AKBP Rio Tangkari mengatakan, pelaku pembawa senjata tajam masih didalami, karena bisa saja akan dikenakan pasal pencurian dengan pemberatan. Untuk tiga pelaku dan satu orang terduga penadah masih dalam pengejaran,” tegas Kapolres.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 Ayat (1) Ke-3e, 4e dan 5e KUHPidana, dengan ancaman hukuman lima sampai dengan 7 tujuh tahun. Kedua pelaku juga sudah diamankan di mako Polsek Murhum guna proses hukum lebih lanjut.

[RED]

Komentar

News Feed