oleh

Cara Pertamina Atasi Kelangkaan BBM di Wakatobi

Kasamea.com

Wakatobi – PT Pertamina turun tangan mengatasi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terjadi di Kabupaten Wakatobi. Khususnya untuk BBM jenis solar, melalui Fuel Terminal Baubau, perusahaan plat merah ini segera mengambil langkah solutif, dengan sistem penyaluran tanpa Nozzel di SPBU milik CV Fajar Mekar Wakatobi.

Diungkapkan Manager Fuel Terminal Baubau Adi Rachman, penyaluran BBM jenis solar tanpa nozzel merupakan diskresi atau kebijakan sementara PT Pertamina untuk SPBU yang ada di Wakatobi. Kebijakan ini dilakukan, mengingat belum memadai fasilitas sarana SPBU di daerah pemilik Surga Bawah Laut ini.

“Di SPBU CV Fajar Mekar Wakatobi hanya tersedia dua Nozzel dan dua tangki penampung. Maka untuk sementara penyaluran bio solarnya mau tidak mau harus tanpa menggunakan nozzel,” kata Adi Rachman, usai rapat konsultasi PT Pertamina, DPRD Wakatobi dan CV Fajar Mekar Wakatobi, Selasa (12/1/21).

Baca juga⬆

Adi Rachman mengatakan, kondisi SPBU di Wakatobi adalah kendala teknis, yang bila dipaksakan, tidak membolehkan penyaluran solar tanpa Nozzel, maka akan terjadi kekosongan solar di Wakatobi.

Langkah penyaluran Bio solar tanpa melalui nozzel sudah sangat tepat dilakukan, mengingat BBM bio solar merupakan jenis BBM yang memiliki potensi kebakaran sangat kecil, karena penguapan yang sangat rendah, dibanding BBM jenis lainnya.

Baca juga ⬆

Tiga jenis BBM yang disalurkan di Wakatobi, yakni Premium, Pertalite dan Bio Solar. Kondisinya, di Wakatobi hanya ada dua sarana.

“Jadi mending solar yang tanpa melalui Nozzel, dibanding BBM jenis premium dan pertalite yang disalurkan tanpa Nozzel. Karena premium dan pertalite itu memiliki sifat penguapan tinggi, dan pastinya sangat rawan kebakaran,” jelas Adi Rachman.

Saat ini SPBU CV Fajar Mekar Wakatobi juga tengah melakukan penambahan sarana tangki maupun Nozzel. Sehingga, bila sarana sudah tersedia, kebijakan penyaluran solar tanpa Nozzel akan dicabut, dan penyaluran solar di Wakatobi akan diubah, melalui Nozzel.

Anggota DPRD Wakatobi Erniwati Rasyid mengaku sangat mengapresiasi kebijakan pihak PT Pertamina. Menghadirkan solusi terbaik demi kesejahteraan masyarakat Wakatobi.

“Saya legislator Gerindra sangat mengapresiasi pihak Pertamina. Ini betul-betul untuk masyarakat Wakatobi. Saya namanya wakil rakyat, pasti akan mendukung penuh dan mendorong terus kebijakan yang memikirkan rakyat seperti ini,” ucapnya.

[RED]

Komentar

News Feed