oleh

Pilkades di Wakatobi Usai Pilkada 2020

WAKATOBI

Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Wakatobi diperkirakan baru akan terselenggara usai Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 mendatang. Seperti diketahui, Wakatobi sebagai salah satu Daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak Tahun 2020.

Menjadi pertimbangan utama Pemerintah Kabupaten Wakatobi adalah menjaga stabilitas politik, ditengah tensi polpitik perhelatan Pilkada (Bupati – Wakil Bupati) di Negeri pemilik surga bawah laut ini. Sebagai langkah antisipatif.

Berdasarkan data, Desa yang akan menyelenggarakan Pilkades di Wakatobi sebanyak 44 Desa. Saat ini Pemerintah Kabupaten Wakatobi terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3APMD) Kabupaten Wakatobi La Ode Husnan.

“Bisa saja selesai Pilkada ini. Takutnya kita, (penyelenggaran Pilkades, red) akan berdampak pada stabilitas politik daerah, juga berimbas pada Pilkada,” kata Husnan, Senin (7/10/19).

Menurutnya, tahapan Pilkades dapat dimulai sebelum ataupun sesudah Pilkada,”asal pelaksanaannya yang tidak tabrakan. Apalagi dedlain (dead line) waktu Plt Kades hanya 6 bulan saja. Sebenarnya yang kita hindari adalah hari H (pelaksanaan, red), karena biasa masalah itu muncul setelah hasil. Sehingga hemat kami, tahapan Pilkades bisa setelah atau sebelum Pilkada, karena mau tidak mau harus berproses selama 6 bulan,” jelasnya.

Husnan menaksir anggaran yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Pilkades di Wakatobi, lebih Rp 1Miliar.

[M3 – editor LaMIM]

Komentar

News Feed