oleh

22 Tahun PAN, AS Tamrin: Terus Berbakti

kasamea.com BAUBAU

Puncak peringatan 22 Tahun Milad Partai Amanat Nasional (PAN) yang digelar secara virtual, tetap dalam protokol kesehatan, pencegahan covid-19, serentak diikuti sangat antusias di seluruh Indonesia oleh pengurus DPW, DPD Kabupaten/Kota, anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota utusan PAN. Juga diikuti pimpinan DPP organisasi otonom Muhammadiyah.

Presiden Ir Joko Widodo secara virtual juga mengucapkan selamat, begitu juga Ketua Umun PDIP, Megawati Soekarno Putri, dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Peringatan Milad vitual ini diikuti langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) PAN, Hatta Rajasa, Ketua Dewan Kehormatan PAN, Soetrisno Bachir, Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno, dan petinggi DPP PAN lainnya.

DPD PAN Kota Baubau mengikuti peringatan Milad secara virtual di Rumah PAN, dipimpin langsung Ketua DPD PAN Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH, didampingi Sekretaris, LM Yamin Dabu, dua anggota DPRD Kota Baubau usungan PAN, H Kamil Ady Karim dan H Masri. Serta unsur pengurus DPD, dan DPC, Minggu (22/8/20).

AS Tamrin mengajak seluruh kader, pengurus DPD PAN Kota Baubau, mengambil hikmah dalam peringatan 22 Tahun Milad PAN. Meskipun pandemi Covid-19, tetap semangat, menjalin komunikasi, melakukan konsolidasi. Memaknai Milad PAN dengan merapatkan kembali barisan, untuk semakin merajut kebersamaan yang selama ini merenggang, terlebih pasca Musyawarah Nasional (Munas) yang meninggalkan riak-riak.

“Dengan semangat Milad PAN ini kita kembali rekatkan. Kita lihat saudara saudara kita di DPP, ada Ketua Umum, pak Hatarajasa, Soetrisno Bachir, ada Pimpinan Muhammadiyah, bahkan Presiden, Ketua-Ketua Partai lainnya memberikan suport kepada kita. Ini semua memberikan isyarat kepada kita semua untuk kembali merapatkan barisan, menyambut setiap event pelaksanaan pembangunan dimasing-masing daerah, yang tentu semangatnya membesarkan PAN,” ungkap AS Tamrin.

Meninggalkan semua riak-riak, semua nokta-nokta, noda-noda yang pernah terjadi, AS Tamrin mengajak kader, pengurus DPD PAN Kota Baubau menjaga kekompakan untuk kebesaran PAN, dalam menyatukan, memberikan suatu makna dalam pembangunan secara nasional.

Berita lainnya

Di Kota Baubau sendiri, kata AS Tamrin, kader, pengurus PAN tentu kedepan harus lebih giat lagi, bersatu bersama dengan “lembaga legislatif, eksekutif”, termasuk dalam kepengurusan DPD, DPC, DPRt, menatap kedepan, bersiap sedari sekarang, bahu membahu menyukseskan setiap event, baik event nasional, ataukah event politik, kita harus siap dari sekarang.

Tagline peringatan 22 Tahun Milad PAN “Bakti Nyata Untuk Indonesia”, ini pun tak lepas dari Bakti Nyata DPD PAN Kota Baubau dibawah kepempimpinan AS Tamrin Ketua DPD, sejak periode pertama hingga saat ini menjalankan periode kedua kepemimpinannya sebagai Wali Kota. Dibawah arahan, koordinasi AS Tamrin, DPD PAN Kota Baubau, telah dan terus berkontribusi terhadap pembangunan Kota Baubau. Membangun dari segala aspek.

AS Tamrin mengungkapkan, ada empat pilar yang diletakkan dalam kepemimpinannya, yakni, pembangunan SDM, ekonomi, infrastruktur, dan budaya. Semua dilakukan, pembangunan yang disebut dengan komprehensif, integral dan holistik. Diantara empat pilar ini, aspek pembangunan SDM, AS Tamrin lebih menganjurkan lagi, selain kecerdasan intelektual, juga moral dan karakter. Ini yang menjadi salah satu alasan AS Tamrin selalu menggemakan PO – 5 / Polima (pomaa-maasiaka, popia-piara, pomae-maeaka, poangka-angkataka, pobhinci-bhinciki kuli), yang menurutnya sangat universal, arif bijaksana, dan sangat mulia.

“Itulah kalau kita bersatu terus, saya kira disitu kekuatan akan terjalin, baik sebagai sebuah negara, daerah, sebagai komunitas dalam organisasi PAN. Harus kita gemakan itu semangat Polima, karena itu sejalan juga dengan Pancasila, sejalan juga dengan nilai-nilai agama. Cuma ini kita lebih pada implementasinya, implementasi kebersamaannya kalau Polima itu. Kalau bicara agama lebih nafsih nafsih kepada sebuah keyakinan ya, karena bicara agama ini kan lebih kepada hakekat keyakinannya. Sedangkan Polima ini yang diadopsi nilai nilai, karena itu kepada implementasi. Intinya bagaimana kita implementasikan, karena sejalan juga dengan Pancasila itu. Disitulah kehidupan kita bernegara ini, berorganisasi, harus direkatkan dengan tagline yang betul-betul universal,” urai AS Tamrin.

Berita lainnya

Melalui momentum peringatan 22 Tahun Milad PAN, AS Tamrin kembali menitip pesan kepada kader, pengurus DPD PAN Kota Baubau, untuk kembali lagi merekatkan kekompakan, untuk bersama-sama membesarkan PAN. Menjaga PAN dengan bagaimana berperilaku yang baik, memberikan kontribusi sepenuhnya bagi pembangunan, kesejahteraan Rakyat.

“Seperti teman-teman yang di DPRD, mereka banyak juga dalam saat-saat reses memberikan masukan kepada saya, baik lewat saya sebagai orang PAN juga, maupun melalui lembaganya. Mereka mengusulkan, memperhatikan aspirasi aspirasi di daerah, terutama di wilayah Dapilnya. Mengusulkan berbagai hal yang utamanya tentu kebutuhan di wilayah Dapilnya. Lebih dari itu juga seluruhnya, karena seorang anggota Dewan itu (anggota DPRD dari PAN) disatu sisi sebagai anggota Fraksi PAN, tetap lebih komitmen jiwa korsanya terhadap Partai ada, tetapi secara keseluruhan menjadilah Wakil Rakyat seluruh Rakyat Kota Baubau. Sehingga ketika memberikan aspirasinya itu sudah menyangkut seluruh kepentingan. Dan itu dilakukan. Setiap saat saya tekankan, baik pak Masri, maupun pak Kamil, pak Ayub (La Ode Syahrun, red), memberikan saran-saran selain lewat lembaga mereka, seringkali kita diskusi tentang apa yang menjadi kebutuhan masyarakat. Dan itu kita nampakan, baik yang berupa nilai nilai Polima tadi, maupun dalam bentuk pekerjaan pekerjaan, misalnya seperti ada pengaspalan jalan disatu kawasan pemukiman masyarakat, maupun penerangan jalan, dan aspek pembangunan lainnya, juga bantuan-bantuan kepada UKM. Nah meskipun belum semua juga bisa kita jangkau, tetapi secara garis besarnya sudah berbuatlah mereka. Saya juga selalu menerima aspirasi itu secara utuh,” pungkas AS Tamrin, usai mengikuti peringatan 22 Tahun Milad PAN secara virtual.

Penggalan pidato politik Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, mengatakan, PAN lahir dengan semangat memperjuangkan reformasi. Ia berharap, kader, pengurus dan simpatisan PAN solid terus semangat memperjuangkan agenda reformasi. Turut berpartisipasi, berkontribusi dalam menciptakan pemerintahan yang baik, yang bertujuan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan rakyat, dan kepentingan nasional.

Menurut mantan Menteri Kehutanan yang kini meneruskan pengabdian kepada bangsa dan negara di MPR RI ini, sepanjang 22 tahun PAN berkiprah, turut memberikan solusi terhadap berbagai persoalan bangsa. PAN sampai saat ini terus konsisten mengawal agenda reformasi, menghadapi dinamika yang ada. Zulhas mengajak seluruh kader, pengurus PAN agar senantiasa hadir memberikan harapan dan solusi ditengah kesulitan yang dihadapi Rakyat.

[RED]

Komentar

News Feed