oleh

Apel Siaga Gugas Covid-19 Baubau dan Kewajiban Pakai Masker

kasamea.com BAU-BAU

Cukup mengejutkan lonjakan 60 positif covid-19 di Kabupaten Bombana dan 6 positif di Wakatobi. Menyikapinya, Kota Baubau yang sebelumnya sudah terkonfirmasi 5 positif covid-19 tingkatkan kewaspadaan, tingkatkan siaga dalam upaya memutus rantai sebaran covid-19.

Menandai peningkatan kewaspadaan, peningkatan kesiagaan, Kamis (14/5/20) pagi, Gugas Covid-19 Kota Baubau menggelar apel siaga, dipimpin Kapolres Baubau, sebagai Wakil Ketua II Gugas Covid-19 Kota Baubau, AKBP Rio Chandra Tangkari, didampingi Sekretaris Daerah Kota Baubau, selaku Sekretaris dan Juru Bicara Gugas Covid-19 Kota Baubau, Dr Roni Muhtar MPd.

Apel siaga di halaman Sekretariat Gugas Covid-19 Kota Baubau diikuti tim Gugas Covid-19 Kota Baubau dari unsur organisasi Perangkat Daerah (OPD) diantaranya Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan, bersama aparat TNI Polri, petugas kesehatan Puskesmas se- Kota Baubau, dan relawan dari unsur tenaga profesi kesehatan yang tergabung dalam APIK.

Rio Chandra Tangkari mengapresiasi semua pihak, atas dedikasi dan semangat yang tak surut, dalam penanganan, memutus rantai covid-19. Para donatur Aparatur Sipil Negara (ASN), kalangan masyarakat, organisasi, yang secara sukarela membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat rentan terdampak, dengan menyumbangkan uang, Alat Pelindung Diri (APD), maupun bantuan kebutuhan pokok, yang selama ini terkumpul dan telah tersalur, diterima langsung warga yang berhak. Termasuk pula kerja-kerja edukatif kepada masyarakat, meningkatkan kesadaran dalam pelaksanaan protokol pencegahan covid-19.

Rio Chandra Tangkari mengungkapkan, dalam mengatasi pandemik covid-19 ini, penting memberikan pemahaman kepada masyarakat, menjaga diri, keluarga, dan orang disekitarnya, agar terhindar dari wabah bencana non alam ini.

Gugas Covid-19 kata Rio Chandra Tangkari, mencanangkan, mempertegas kewajiban menggunakan masker di ruang publik, ketika bepergian keluar rumah dan berinteraksi dengan orang lain. Selama tiga hari kedepan, dimulai hari ini, sosialisasi penggunaan masker, dilaksanakan secara serentak ditiga pasar, Wameo, Karya Nugraha, Laelangi, juga ditingkat Kecamatan di Kota Baubau.

Penegasan wajib menggunakan masker ini adalah salah satu upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, gerakan bersama melawan covid-19.

Ia mengakui, masyarakat Kota Baubau dengan berbagai latar belakang tidak semua akan memahami penggunaan masker tersebut, sehingga, Gugas Covid-19 lebih masif menyosialisasikannya.

“Sampai kesadaran itu muncul, dan mengurangi potensi penyebaran, sampai terputus rantai sebaran covid-19 diwilayah kita. Sehingga kita dapat mengakhiri pandemik ini, dengan kemenangan. Kita semua kuat dan pasti mampu memutus rantai covid-19,” tegas Rio Chandra Tangkari.

Ditempat yang sama, Roni Muhtar meminta seluruh Puskemas yang ada di Kota Baubau agar secara masif melakukan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa wajib menggunakan masker.

Usai apel siaga, Kapolres bersama Sekretaris Daerah serta tim Gugas Covid-19 Kota Baubau, melakukan sosialisasi wajib menggunakan masker, sekaligus membagikan masker gratis kepada masyarakat di dua titik, pasar Wameo dan pasar Laelangi.

(Sumber: Gugas Covid-19 / Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau)

[RED]

Komentar

News Feed