oleh

Muhammad Djudul: Sultra Kondusif

BAUBAU

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sulawesi Tenggara (Kesbangpol Sultra) Drs Muhammad Djudul MSi mengatakan, pasca pelaksanaan Pemilihan Umum 17 April 2019, Sultra dalam keadaan kondusif. Ini diungkapkannya disela Rapat Koordinasi Penanganan Konflik Sosial Tingkat Sultra Tahun 2019 di aula salah satu hotel di Kota Baubau, Kamis (9/5).

Rapat koordinasi tersebut digelar guna membahas rencana aksi dan pelaporan, serta evaluasi penanganan konflik sosial daerah. Melibatkan Kepala Badan Kesbangpol Kota Baubau, Kepala Bidang yang membidangi penanganan konflik, operator, juga Camat dan Lurah se Kota Baubau.

Kata mantan Sekretaris Daerah Kota Baubau ini, Rapat Koordinasi membahas tiga poin; pertama, materi pelaporan yang berbasis online, kedua, untuk menampung berbagai informasi masalah sosial yang terjadi dibeberapa Kabupaten/Kota, ketiga, penguatan Badan Kesbangpol Kota berkaitan dengan tugas umum.

Djudul menambahkan, hal lain yang menjadikan Rapat Koordinasi penting untuk digelar, yakni, peran camat dalam pendeteksian dini konflik-konflik yang ada disetiap daerah. Karena itu pihaknya membentuk Program Penanganan Konflik Sosial (PKS).

Jenjang koordinasi PKS ini lanjut Djudul, bermuara dari Lurah/Kades, melapor ke Camat, kemudian Camat melapor ke Badan Kesbangpol Kota/Kabupaten, selanjutnya melapor ke Badan Kesbangpol Provinsi, seterusnya Badan Kesbangpol Provinsi melaporkan ke Kementerian dalam Negeri.

“Pasca Pemilu kemarin kita syukur Alhamdulillah Sultra masih Kondusif, tetapi harapan saya kepada teman-teman (Badan Kesbangpol) ini tidak luput untuk diamati. Dan terus aktif dalam aksi pengamanan, serta pencegahan konflik yang bisa saja terjadi,” ucapnya.

Rapat Koordinasi dibuka secara resmi oleh Walikota Baubau Dr H AS Tamrin MH, dihadiri Kepala BIN Sultra, serta Badan Kesbangpol se- Sultra.

[ * RIDWAN ]

Komentar

News Feed