oleh

Sekda Baubau Turun Langsung Sosialisasi Penanganan Covid 19

Sekda Baubau Dr Roni Muhtar MPd memberi pengarahan

Kasamea.com BAUBAU

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau, Dr Roni Muhtar MPd turun langsung dalam sosialisasi percepatan penanganan covid 19. Sosialisasi ini difasilitasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, yang diselenggarakan di tujuh Kecamatan Kota Baubau.

Peserta antusias menyimak materi penanganan covid 19

Roni Muhtar dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua III Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Kota Baubau (Satgas Covid 19), menjelaskan, pentingnya
memberikan pencerahan kepada masyarakat, tentang covid 19. Agar informasi yang diterima masyarakat masif menyeluruh, dan diharapkan dapat terus meningkatkan kesadaran, serta kesepahaman bersama, dalam menghadapi, menyikapi pandemi.

Berita terkait

Satgas Covid 19 kata Roni Muhtar,perlu mengupayakan, memastikan tersampaikannya informasi kepada masyarakat. Informasi tentang  aspek-aspek teknis penanganan / penanggulangan covid 19, kewaspadaan standar, juga stigma.

Penyerahan bantuan masker oleh Sekda Baubau

Juga perlu diketahui dan harus terus diterapkan oleh masyarakat, bagaimana cara menjaga diri agar tidak terpapar covid 19, 3M: Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak.

Penyerahan bantuan masker oleh Kalaks BPBD Baubau

Tentang stigma, lanjut Roni Muhtar, satu fenomena sosial yang muncul ditengah wabah covid 19, yang cenderung memperparah situasi. Olehnya itu, Ia mengajak agar masyarakat menghindari, atau tidak ikut-ikutan ber- Stigma.

Penyerahan bantuan masker oleh Direktur RSUD Baubau

Daripada menunjukkan stigma sosial, alangkah lebih bijak bila bersama-sama berkontribusi dengan membangun rasa percaya pada layanan dan saran kesehatan yang bisa diandalkan. Menunjukkan empati terhadap mereka yang terdampak, memahami wabah itu sendiri, dan melakukan upaya yang praktis dan efektif, sehingga orang bisa menjaga keselamatan diri dan orang yang mereka cintai.

Penyerahan bantuan masker oleh Camat Murhum

Jenderal PNS Kota Baubau ini memastikan selama ini, dan hingga saat ini Pemerintah Kota terus memaksimalkan kinerja dalam penanggulangan sebaran covid 19. Peran Pemerintah perlu diketahui oleh masyarakat, dalam rangka membangun optimisme.

Bahwa Pemerintah bersungguh sungguh, peduli terhadap keselamatan masyarakat. Masyarakat dihimbau untuk tertib melaksanakan protokol kesehatan secara paripurna.

Upaya yang terus dilakukan Pemerintah Kota dalam penanganan covid 19 secara terus menerus, meliputi sosialisasi, penyemprotan disinfektan, perawatan pasien covid 19, penyaluran bantuan bagi masyarakat terdampak pandemi, meng- Fasilitasi rapid tes. Tak luput membangun sinergi dengan banyak pihak yang ikut berempati membantu masyarakat, membantu Pemerintah Kota dalam percepatan penanganan covid 19.

“Untuk hari ini kita juga memberikan masker, yang diterima para Lurah, sebagai rangkaian dari upaya kita dari penanganan sebaran covid 19,” kata Roni Muhtar usai Sosialisasi di aula kantor Kecamatan Murhum, Kamis (19/11/20).

Saat ini Pemerintah Kota tengah proses pengadaan alat PCR  (polymerase chain reaction) untuk percepatan diagnosis. Agar secepatnya mengetahui pasien terpapar, sehingga bisa lebih cepat memetakan wilayah persebaran covid 19.

Kata Roni Muhtar, bila persebaran covid 19 dapat lebih cepat diketahui, langkah preventifnya bisa segera diupayakan.

“Jadi begitu pentingnya alat PCR ini. Tetapi jangan hanya melihat ada alatnya, tetapi ini menjadi awal kita berperan melakukan pencegahan lebih cepat,” jelasnya.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Baubau ini menanggapi bijak,adanya penurunan angka pasien positif covid 19, sebagai indikator kinerja seluruh pihak. Tak hanya Pemerintah Kota, melalui Satgas Covid 19, tetapi juga partipasi, peran banyak pihak yang ikut membantu. Termasuk masyarakat yang sudah ikut mendukung, dengan mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

Terjadinya penurunan adalah suatu kesyukuran, sesuatu yang menyenangkan. Bahwa banyak intervensi yang sudah dilakukan Pemerintah, dengan sosialisasi seperti saat ini, adanya operasi yustisi, kemudian juga hal lainnya, tindakan preventif, dan penanganan covid 19. Termasuk sosialisasi melalui media komunikasi, informasi dan edukasi (panflet, spanduk, dan sebagainya).

Melalui perangkat Kelurahan, lanjut Roni Muhtar, terus berupaya membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat, sehingga akumulasi dari itu semua, bisa jadi karena itulah terjadi penurunan angka pasien terpapar.

“Ini menggembirakan, dan kita sama-sama berharap, dalam waktu yang tidak terlalu lama, kita sudah berada di zona hijau,” harapnya.

Tak bermaksud berbangga diri,Roni Muhtar mengatakan, percepatan penanganan covid 19 di Kota Baubau mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat, yang memberikan bantuan anggaran penanganan covid 19 sebesar hampir Rp 30Miliyar.

Bantuan anggaran tersebut, lanjut Roni Muhtar, dikonsentrasikan pada dua hal: penanggulangan persebaran covid 19, dan upaya peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat.

Peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat sudah dilakukan, misalnya dengan pemberian bantuan sosia. Juga ada beberapa intervensi terkait peningkatan keterampilan, dan upaya lainnya.

“Saya kira ini intervensi yang positif, karena disatu sisi kita memperbaiki cara pelayanan kita untuk mengurangi persebaran covid 19, disisi lain yang juga penting untuk diperhatikan adalah, perlunya peningkatan kapasitas ekonomi masyarakat. Sehingga seiring sejalan pada akhirnya,” pungkas Ketua Kosgoro Sultra ini.

Hadir dalam sosialisasi mendampingi Sekda Kota Baubau, Kepala Pelaksana (Kalaks) BPBD Kota Baubau La Ode Muslimin Hibali, dr Lukman, akademisi Dr Zubair, yang ikut menyampaikan materi kepada peserta.

Sosialisasi di aula kantor Kecamatan Murhum ini dihadiri unsur Pemerintah Kelurahan, para Ketua RT, Ketua RW, tokoh masyarakat, tokoh pemuda. Yang diharapkan dapat menyampaikan kepada masyarakat setempat, membangun kesadaran bersama memutus rantai sebaran covid 19.

[RED]

Komentar

News Feed