oleh

Bus Ekonomis, Target 100 Hari Dinas Perhubungan Baubau

BAUBAU

Dibawah koordinasi Wali Kota Baubau Dr H AS Tamrin MH, Dinas Perhubungan (Dinhub) Kota Baubau melakukan langkah-langkah percepatan pengoperasian Bus bantuan hibah Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI). Bus ini diharapkan menjadi moda transportasi penunjang aktivitas perekonomian masyarakat.

Wara wiri Bus berwarna biru langit ini nantinya, diharapkan terkoneksi dengan memaksimalkan pemanfaatan halte Bus (Halte Kawa Lingka) yang sebelumnya telah tersedia dibanyak titik, dan melewati jalur khusus yang telah diproyeksikan Dinhub.

Pengoperasian Bus tengah dalam persiapan regulasi, serta berbagai hal administratif, teknis, sesuai Peraturan Perundang-Undangan.

Pemerintah Pusat melalui Kemenhub RI menyerahkan 5 unit Bus, yang akan menjadi aset Pemerintah Kota Baubau. Bila dalam pengoperasiannya, 5 unit Bus tersebut berjalan baik, tak menutup kemungkinan Kemenhub RI akan menambah 5 unit Bus berikutnya.

Kepala Dinhub H La Ode Idrus Taufik Saidi mengatakan, pengoperasian Bus tersebut akan dikelola oleh pihak ketiga, berbadan hukum usaha Perseroan Terbatas (PT), atau Koperasi, klasifikasi bidang Transportasi, yang memenuhi syarat Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

“Ini pekerjaan rumah (PR) yang harus kami tuntaskan pengurusannya, agar bisa segera beroperasi, dan bermanfaat bagi masyarakat. InsyaAllah tahun ini 5 unit sudah dioperasikan, dan sudah bisa dinikmati masyarakat ekonomi lemah,” katanya, ditemui beberapa waktu lalu di ruang kerjanya.

Idrus Taufik memproyeksikan, Bus akan beroperasi pergi-pulang (PP) Karya Baru – Sulaa, Wonco – Unidayan (naik turunkan penumpang) dari halte ke halte, melewati jalur tertentu saja, tidak melewati lorong-lorong. Penetapan tarif Bus sendiri kata dia, akan diatur lebih lanjut, setelah melalui koordinasi dengan beberapa pihak terkait.
“Bus ini trayeknya jauh, ujung pukul ujung, Karya Baru – Sulaa, Wonco – Unidayan, yang kemudian tarifnya membantu masyarakat ekonomi lemah, mahasiswa, pelajar. Yang sebelumnya mungkin harus mengeluarkan biaya transportasi 20.000 sampai 25.000, dengan adanya Bus nantinya bisa lebih murah,” ucapnya. (Bagian II)

[Vonizz report]

Komentar

News Feed