oleh

Gedung PKB, Target 100 Hari Dinhub Baubau

BAUBAU

Menduduki kursi jabatan baru sebagai Kepala Dinas Perhubungan Kota Baubau, H La Ode Idrus Taufik Saidi menargetkan tercapainya beberapa orientasi program kerja, yang direalisasikan per tahap bersama tim struktural yang dipimpinnya. Ditemui dikantornya beberapa waktu lalu, Idrus Taufik yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau ini mengurai singkat orientasi program kerja tersebut. Diantaranya, pengoperasian Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor, Bus moda tansportasi penunjang aktivitas ekonomi masyarakat, memaksimalkan fungsi Terminal dan Dermaga.

Idrus Taufik mengatakan, Dinas yang dipimpinnya saat ini adalah salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis yang berorientasi pada Perhubungan, dan menjadi perhatian khusus, Perhubungan darat dan dermaga, yang menghubungkan Kota Baubau dengan kawasan hinterland sekitarnya. Inilah yang menjadi fokusnya dalam 100 hari kerja kedepan.

Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor

Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) dilengkapi fasilitas rangkaian kegiatan pengujian dan pemeriksaan komponen-komponen kendaraan bermotor. Guna menguji dan memeriksa kendaraan bermotor, sebagai salahsatu upaya memberikan jaminan keselamatan secara teknis bagi pengendara, penumpang. Ada peralatan penguji lampu kendaraan, balancing kendaraan, termasuk pula berat kendaraan. Uji KIR kelayakan kendaraan roda empat.

Menurut Idrus Taufik, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, mengatur, penyelenggaraan pengujian kendaraan bermotor dilakukan Pemerintah Daerah. Mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan, Ia menjelaskan, Pasal 122 ayat (1) Pengujian Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 121 hanya dapat dilakukan oleh unit pelaksana pengujian Kendaraan Bermotor yang memiliki: a. prasarana dan peralatan pengujian yang akurat, sistem dan prosedur pengujian, dan sistem informasi manajemen penyelenggaraan pengujian; dan b. tenaga penguji yang memiliki sertifikat kompetensi penguji Kendaraan Bermotor. Ayat (2) Peralatan pengujian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) wajib dipelihara dan dikalibrasi secara berkala.

Idrus Taufik mengatakan, untuk Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor di Kota Baubau sendiri, Tim Kalibrasi dari Kementerian Perhubungan RI, bersama Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara (Dishub Sultra) telah melakukan peninjauan, melakukan Kalibrasi. Tim tersebut memeriksa kelayakan, kesiapan Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor, untuk selanjutnya menerbitkan Surat Rekomendasi.

Idrus Taufik menuturkan, alhasil, dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi, Gedung Pengujian Kendaraan Bermotor dapat difungsikan di Kota Baubau.

“Jadi kedatangan tim kemarin memeriksa kelayakan, kemudian kesiapan, dan mengeluarkan rekomendasi. Itu pertanda kita sudah siap eksyen, walaupun untuk Kota Baubau baru grate C, insyaAllah dengan penambahan beberapa alat, tahun depan bisa naik grate B.

Kebetulan Kota Baubau yang pertama di Sultra, sehingga kita punya point, daerah hinterland yang belum ada, itu kita informasikan, melalui surat resmi kepada daerah sekitar Kota Baubau. Untuk menginisiasi, menyampaikan secara berjenjang kepada pemilik kendaraan moda transportasi yang memberikan jasa pelayanan kepada masyarakat, harus uji kendaraan bermotor itu,” tuturnya. (Bagian I)

[VONIZZ report]

Komentar

News Feed