oleh

HMI Warning Pemkot Bau-Bau Soal Lelang Jabatan

BAU-BAU

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bau-Bau menyorot Lelang jabatan disebelas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Bau-Bau yang kini telah sampai pada tahap presentase karya tulis dihadapan Panitia Pelaksana (Pansel). Tahapan ini akan diikuti 51 peserta yang lulus asesment untuk memperebutkan 11 kursi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kepala OPD.

Ketua HMI Cabang Bau-Bau La Ode Rizki Satria sangat menyayangkan, sampai saat ini Pemkot Bau-Bau belum menerbitkan regulasi, berupa Peraturan Daerah atau Peraturan Wali Kota tentang Reformasi Birokrasi dalam Tata Kelola Pemerintahan. Regulasi ini kata Rizki, nantinya dapat mendorong sistem yang lebih transparan dalam Lelang Jabatan dimaksud.

Menurutnya, bila merujuk pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2004 tentang Aparatur Sipil Negara, Lelang Jabatan tidak disebutkan secara lengkap. Lebih lanjut Rizki mengurai, dalam Pasal 1 angka 22 disebutkan, bahwa pengisian jabatan dilakukan untuk memenuhi syarat meritokrasi, yang artinya, harus mengedepankan kualifikasi kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar dengan tanpa membedakan latar belakang politik, ras, warna kulit, agama, asal usul, jenis kelamin, status pernikahan, umur atau kondisi kecacatan.

Rujukan lainnya lanjut Rizki, dapat pula dilihat dalam Pasal 72 ayat 1 dan Pasal 108, berbunyi, mengedepankan kompetensi dan kualifikasi secara transparan.

“Kami berharap tiga nama yang diluluskan untuk diajukan kepada Pimpinan Daerah dalam lelang jabatan ini, dipublikasikan kepada masyarakat. Termasuk kualifikasi maupun kompetensinya, agar diketahui, yang akan ditetapkan sebagai Kepala OPD itu layak secara kwalitas. Kami menginginan agar proses ini dilakukan dengan sangat transparan tanpa ada unsur nepotisme didalamnya,” tegasnya.

Rizki meminta Pemkot Bau-Bau menerbitkan Peraturan Daerah atau Peraturan Wali Kota, yang menerjemahkan Reformasi Birokrasi dalam sistem Pemerintahan di Kota Bau-Bau.

“Kami juga akan mengawal proses ini hingga tuntas,” tutupnya. Termuat dalam Press Release HMI Cabang Bau-Bau yang dikirimkan ke Redaksi Kasamea.com, Sabtu (7/9).

[RED]

Komentar

News Feed